Telp (024) 7460012

Universitas Diponegoro menyelenggarakan Sosialisasi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2018 pada hari kamis 15 Februari 2018, yang dilaksanakan di Gedung A lt. III Aula Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip Tembalang. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 s.d 12.00 WIB ini dihadiri oleh peserta dari tiap-tiap fakultas di Universitas Diponegoro

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Undip Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si., dimana dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa perlunya sosialisasi untuk mempersiapkan pemilihan mahasiswa berprestasi, baik di tingkat Jurusan/Fakultas, Universitas maupun tingkat Nasional, agar menghasilkan mahasiswa berprestasi yang berkualitas unggul.

Direktur Kemahasiswaan juga menambahkan, bahwa dengan adanya kegiatan pemilihan mahasiswa berprestasi ini akan mendorong mahasiswa untuk mencari prestasi sebanyak – banyaknya baik secara akademik maupun non akademik. Selain berimbas positif kepada mahasiswa yang bersangkutan, secara langsung prestasi – prestasi tersebut berkontribusi kepada Undip itu sendiri, sebagai contoh pada Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang dilaksanakan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, dan Undip mendapat nilai A.

Salah satu pembicara yaitu Bapak Agung Budiatmo, S.Sos., M.M. dari FISIP, memberikan arahan tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi PILMAPRES 2018 termasuk kriteria-kriteria apa saja yang dibutuhkan, karena mahasiswa berprestasi tidak lahir secara instant namun perlu dipersiapkan dan dirancang.

Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip juga mengundang Juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2017 yaitu: Gianina Dinda Pamungkas (Fakultas Kedokteran) sebagai Juara I Program Sarjana (S-1) yang juga lolos ke tingkat Nasional dan meraih peringkat 7 dari total peserta Sarjana yang berjumlah 17 orang. Gianina memberikan beberapa tips kepada para peserta, dan berbagi pengalaman ketika mengikuti pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2017, diantaranya mereka memberitahukan bahwa selain dibutuhkan IPK yang tinggi, perlu juga kegiatan-kegiatan di bidang karya ilmiah, dan juga yang tak kalah pentingnya adalah perilaku (attitude) peserta itu sendiri, seperti misalnya: cara duduk, makan, berpakaian, maupun cara berbicara dengan orang lain karena secara langsung hal-hal tersebut mencerminkan kepribadian tiap peserta dalam kehidupan sehari-hari.

Selain attitude peserta, yang tidak kalah pentingnya adalah perlunya wawasan luas terhadap lingkungan kita, peserta dituntut untuk tidak memiliki sikap individualism melainkan harus dapat menempatkan diri sebagai pribadi yang memiliki jiwa sosial tinggi dan rasa peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Materi Sosialiasasi

Surat Ijin Meninggalkan Kuliah