Telp (024) 7460012

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sangat cepat dan memberikan perubahan serta perbaikan yang positif. Revolusi Industri 4.0 menjadikan Pendidikan harus memanfaatkan dan mengembangkan teknologi. Pusat Prestasi Nasional berkomitmen untuk mengembangkan prestasi didik dan satuan Pendidikan. Berkaitan dengan peningkatan prestasi pada revolusi industri tersebut, maka dilaksanakan Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi (GemasTIK) sebagai upaya komprehensif untuk meningkatkan Soft Skill, literasi teknologi, litetasi data, dan literasi manusia.

Kegiatan GemasTIK XIII diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Universitas Telkom Bandung, pada tanggal 20 – 23 Oktober 2020 secara daring dan diikuti sebanyak 230 tim dari Perguruan-perguruan  Tinggi di Indonesia dengan 11 kategori/divisi lomba.

Sebanyak 4 (empat) tim Universitas Diponegoro  berhasil lolos untuk mengikuti GemasTIK XIII tingkat nasional, yaitu:

No

Divisi

Nama Tim

1. Pemograman EhKataSiapa
2. Keamanan Ciber Unch Deep
3. Karya Tulis TIK Bare Bears
4. Pengembangan Aplikasi Permainan Keputusan Antivirus Team

Kegiatan dimulai pada tanggal 20 Oktober 2020 dengan agenda Technical Meeting Finalis seluruh Divisi Lomba dan pada tanggal 21 Oktober 2020 dilanjutkan dengan tahap persiapan dan pemanasan setiap tim peserta.

Pada tanggal 22 Oktober 2020 acara dimulai dari registrasi seluruh peserta, prosesi upacara pembukaan  berupa sambutan Ketua Panitia, Dr. Dida Diah Damayanti.,S.T., M.Eng., M.Sc., sambutan Rektor Universitas Telkom Prof. Dr. Adiwijaya, S.Si., M.Si dan dilanjutkan sambutan dari perwakilan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan lomba yang dilaksanakan pada tanggal 22 s.d. 23 Oktober 2020, dan setelah itu akan ditentukan pemenang di tiap kategori/divisi.

Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sebelumnya dilaksanakan dengan luring, pada tahun 2020 Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi harus menyesuaikan dengan kondisi pandemic COVID 19 sehingga akan dilaksanakan secara daring dari awal sampai selesai. Kondisi semikian, tidak menurunkan semangat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini.