Telp (024) 7460012

Dalam rangka peningkatan daya saing lulusan di era global, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan tahun 2019 mengadakan lomba debat berbahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) dan lomba debat berbahasa Indonesia, Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) yang pada tahun ini akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2019.

Sehubungan dengan hal tersebut kami sampaikan tahapan lomba/seleksi NUDC dan KDMI tahun 2019 sebagai berikut:

  1. Tingkat Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi melaksanakan seleksi untuk menentukan 1 (satu) tim NUDC terbaik yang terdiri atas 2 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator; 1 (satu) tim KDMI terbaik yang terdiri atas 3 (dua) mahasiswa sebagai Debater dan 1 (satu) Adjudicator.

  1. Tingkat Wilayah

Perguruan tinggi mendaftarkan 1 (satu) tim NUDC dan 1 (satu) tim KDMI terbaik ke LLDIKTI Wilayah masing-masing dengan menggunakan format terlampir untuk mengikuti seleksi tingkat wilayah. Pembagian perguruan tinggi tingkat wilayah dapat dilihat di dalam pedoman.

  1. Tingkat Nasional

Seleksi Tingkat Nasional akan diikuti oleh 112 tim NUDC dan 28 tim KDMI yang merupakan pemenang tingkat wilayah I s.d. XIV sesuai kuota. Adapun jumlah keseluruhan peserta NUDC tingkat nasional berjumlah 336 orang yang terdiri atas 224 mahasiswa Debaters dan 112 orang N1 Adjudicators; sedangkan jumlah keseluruhan peserta KDMI tingkat nasional berjumlah 112 orang yang terdiri atas 84 mahasiswa debaters dan 28 orang N1 Adjudicators.

Tautan Dikti

Pedoman NUDC 2019

Pedoman KDMI 2019