Telp (024) 7460012

Universitas Diponegoro telah melaksanakan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Tingkat Menengah pada tanggal 9 s.d. 11 Oktober 2019 di Hotel Grand Wahid Salatiga, diikuti sebanyak 78 (tujuh puluh delapan) mahasiswa dari seluruh Fakultas di lingkungan Undip.

Acara dibuka oleh Rektor Undip, Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum., dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa pelaksanaan LKMM TM ini bertujuan mencetak generasi yang akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang dengan cita – cita setinggi mungkin, “bidiklah bintang yang paling tinggi, karena jikalaupun meleset akan mengenai bintang di sekitarnya yang tinggi juga” imbuhnya.

Direktur Kemahasiswaan Undip, Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si., berkesempatan memberikan materi berjudul “Pengembangan Program dan Kegiatan Kemahasiswaan Undip”, selain itu untuk menambah wawasan peserta LKMM TM, Undip juga mengundang narasumber dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme, Eri Suprayitno, S.E. (Kepala Seksi Media Literasi BNPT) dengan judul materi “Pencegahan Paham Radikal & Terorisme”.

LKMM bertujuan membekali mahasiswa dengan kemampuan memimpin, mengembangkan kemampuan manajerial. Secara khusus tujuannya adalah:

  1. Membekali mahasiswa agar memiliki keterampilan manajerial yang sepadan dengan tingkat tanggung jawabnya masing-masing.
  2. Membekali mahasiswa agar memiliki rasa tanggung jawab, sikap mandiri, dan jiwa kewirausahaan karena kemampuannya berorganisasi.
  3. Membekali mahasiswa agar memiliki dan mampu mengembangkan sikap yang berorientasi pada prestasi dan pencapaian hasil yang sebaik mungkin.
  4. Membekali mahasiswa agar mampu menerapkan dan mengembangkan kemampuannya untuk berpikir secara ilmiah dalam praktek berorganisasi.
  5. Membekali mahasiswa agar mampu menerapkan kesadaran berbangsa dan bernegara serta rasa cinta tanah air.

Tahapan LKMM TM diadakan di tingkat Universitas, dengan dipandu oleh tim pemandu yang memiliki kompetensi di bidangnya. Universitas Diponegoro mengundang 4 orang tim pemandu yang 3 diantaranya menjadi tim LKMM Ditjen Belmawa, yaitu:

  1. Ir. Budi Utomo Kukuh Widodo, ME (ITS )
  2. Rudolf Woodrow Matindas (UI)
  3. Bambang Sulistiyanto, M.Agr.Sc., Ph.D. (Undip)
  4. Ngadiwiyana, S.Si., M.Si. (Undip)

Materi yang di sampaikan kepada peserta oleh para pemandu diantaranya tentang pengembangan organisasi kemahasiswaan, klasifikasi, identifikasi dan pemecahan masalah dalam sebuah organisasi, dan konsep SaHaBat (sasaran, hambatan, tantangan) dalam rancangan pengembangan sebuah organisasi.

 

Selain pemaparan materi, peserta dibimbing memahami materi melalui diskusi dan kerja kelompok, hal ini diharapkan seluruh peserta dapat praktik langsung dalam sebuah organisasi yaitu kelompok yang mereka bentuk.

Peserta yang sudah mengikuti LKMM TM, selanjutnya dapat mengikuti LKMM TL (Tingkat Lanjut) yang diadakan oleh Ditjen Belmawa, dengan materi dan pokok bahasan yang lebih luas lagi.