Telp (024) 7460012

Universitas Diponegoro telah menyelenggarakan seleksi Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (KN MIPA) Tingkat Undip Tahun 2020 meliputi bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi, yang diikuti oleh 185 mahasiswa dari 6 Fakultas di Universitas Diponegoro.

Acara dibuka oleh Nurdin Bahtiar, S.Si., M.T. selaku pembina KN MIPA Undip didampingi pejabat struktural di Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip, dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa kegiatan yang sebelumnya bernama  Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) ini, rutin dilaksanakan tiap tahun oleh Belmawa dimana merupakan salah satu wadah untuk mencari bibit dan generasi berprestasi khususnya di bidang MIPA.

Pelaksanan KN-MIPA tahun 2020 akan mengalami perubahan dibandingkan pelaksanaan di tahun sebelumnya. Tahun 2019 peserta tiap Perguruan Tinggi maksimal 28 mahasiswa (7 mahasiswa per bidang) tetapi untuk tahun 2020 menjadi 12 mahasiswa (3 mahasiswa per bidang) dan proses seleksi di tingkat wilayah dan Nasional akan diselenggarakan dengan metode dalam jaringan (daring), mempertimbangkan kondisi pandemik COVID-19 di Indonesia.

Masing-masing bidang, akan diambil 3 orang mahasiswa terbaik yang akan mewakili Undip untuk mengikuti kompetisi di tingkat Wilayah. Selanjutnya, mahasiswa yang lolos akan mewakili Wilayah mengikuti seleksi tingkat Nasional dan akan dipilih 18 mahasiswa terbaik tiap bidang dengan rincian: 3 peraih medali emas, 5 peraih medali perak, 7 peraih medali perunggu dan 3 honorable mention.