Sosialisasi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Tahun 2017

Universitas Diponegoro menyelenggarakan Sosialisasi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (PILMAPRES) tahun 2017, yang dilaksanakan di Auditorium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip Tembalang. Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 s.d 12.00 WIB ini dihadiri oleh peserta dari tiap-tiap fakultas di Universitas Diponegoro, dengan rincian:

No Fakultas Jumlah
1. Ekonomika dan Bisnis 13
2. Hukum 14
3. Ilmu Budaya 19
4. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 17
5. Kedokteran 6
6. Kesehatan Masyarakat 6
7. Perikanan dan Ilmu Kelautan 17
8. Peternakan dan Pertanian 8
9. Psikologi 5
10. Sains dan Matematika 24
11. Sekolah Vokasi 29
12. Teknik 13
TOTAL 171

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Kemahasiswaan Undip Drs. Handojo Djoko Waloejo, M.Si., dimana dalam sambutannya Beliau menyampaikan bahwa perlunya sosialisasi untuk mempersiapkan pemilihan mahasiswa berprestasi, baik di tingkat Jurusan/Fakultas, Universitas maupun tingkat Nasional, agar menghasilkan mahasiswa berprestasi yang berkualitas unggul. Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip Dra. Purnomo Pujiwati, M.Si. sebagai ketua panitia menambahkan, seleksi tingkat Universitas akan dilaksanakan di luar kota agar lebih lebih intensif.

Salah satu pembicara yaitu Bapak Agung Budiatmo, S.Sos., M.M. dari FISIP yang merupakan salah satu juri pada seleksi Mahasiswa Berprestasi pada tahun 2016, memberikan arahan tentang hal-hal yang perlu disiapkan untuk menghadapi PILMAPRES 2017 termasuk kriteria-kriteria apa saja yang dibutuhkan, karena mahasiswa berprestasi tidak lahir secara instant namun perlu dipersiapkan dan dirancang.

Selain itu Biro Administrasi Kemahasiswaan Undip juga mengundang Juara Mahasiswa Berprestasi tingkat Universitas tahun 2016 yaitu: Valensa Yosephi (Fakultas Kedokteran) sebagai Juara I S-1 dan Muhammad Hedy Zuliana (Fakultas Teknik) sebagai Juara I D-3 yang juga lolos ke tingkat Nasional dan meraih peringkat 15 besar. Mereka berdua memberikan beberapa tips kepada para peserta, dan berbagi pengalaman ketika mengikuti pemilihan Mahasiswa Berprestasi tahun 2016, diantaranya mereka memberitahukan bahwa selain dibutuhkan IPK yang tinggi, perlu juga kegiatan-kegiatan di bidang karya ilmiah, dan juga yang tak kalah pentingnya adalah perilaku (attitude) peserta itu sendiri, dimana untuk tingkat Nasional attitude peserta sangat diperhatikan oleh tim juri karena secara langsung mencerminkan kepribadian tiap peserta dalam kehidupan sehari-hari.

Surat Ijin Sosialisasi Pilmapres 2017

Materi Presentasi